BMKG Minta Warga Waspada, Kota Medan Diprediksi Diguyur Hujan saat Natal

Sabtu, 24 Desember 2022 – 06:00 WIB
BMKG Minta Warga Waspada, Kota Medan Diprediksi Diguyur Hujan saat Natal - JPNN.com Sumut
BBMKG memprakirakan Kota Medan berpotensi diguyur hujan saat perayaan Natal 2022. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), akan diguyur hujan saat perayaan Natal 2022.

"Prakiraan cuaca saat Natal pada 25 Desember 2022, khususnya di Kota Medan masih berpotensi hujan," ucap prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah, Jumat (23/12).

Dia mengatakan Sumatera Utara (Sumut) masih memasuki musim hujan, sehingga kondisi udara di wilayah itu masih berawan dan berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

BBMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem akibat kondisi dinamika atmosfer pada saat libur perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Di antaranya peningkatan aktivitas Monsun Asia yang memicu pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan.

Kemudian, semakin intensifnya fenomena seruak dingin Asia yang meningkatkan kecepatan angin di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan pembentukan awan-awan hujan.

"Kondisi dinamika atmosfer masih ada belokan angin dan pertemuan angin di sekitar Sumatera Utara. Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumatera Utara," terang dia.

Utami menjelaskan bahwa dalam tiga hari ke depan untuk sebagian besar wilayah Sumatera Utara, khusus Kota Medan masih berpotensi diguyur hujan.

BBMKG Wilayah I Medan memprediksi hujan akan mengguyur Kota Medan saat perayaan Natal 2022, warga diminta waspada
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News