Petugas TNGL Gagalkan Penyelundupan Seratusan Kayu Hasil Illegal Logging dari Hutan Tenggulun

Kamis, 29 Desember 2022 – 21:55 WIB
Petugas TNGL Gagalkan Penyelundupan Seratusan Kayu Hasil Illegal Logging dari Hutan Tenggulun - JPNN.com Sumut
Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah III Stabat Palber Turnip. Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Tim Patroli Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) menggagalkan penyelundupan 2 ton lebih kayu ilegal dari kawasan hutan Gunung Leuser. Mobil pengangkut reratusan batang kayu dari hutan lindung itu dicegat petugas di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah III Stabat Palber Turnip mengatakan pengungkapan kasus tindak pidana pembalakan liar atau illegal logging itu dilakukan pada Kamis (29/12) sekira pukul 03.30 WIB. Dua orang pelaku sebagai sopir diamankan petugas.

“Jadi, yang ditangkap pada subuh tadi itu memang sudah menjadi target kami yang berkaitan dengan maraknya kegiatan illegal logging di Tenggulun, yang merupakan bagian Resor Sei Betung,” kata Palber Turnip di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Dia menjelaskan petugas mengamankan satu unit mobil pick up hitam yang berisi kayu olahan yang diduga kuat sebagai hasil pembalakan liar dari kawasan hutan TNGL Blok Hutan Tenggulun.

Petugas TNGL Gagalkan Penyelundupan Seratusan Kayu Hasil Illegal Logging dari Hutan Tenggulun

Ratusan batang kayu olahan hasil Illegal Logging dari kawasan TGL yang diamankan petugas. Foto: Dokumentasi BBTNGL

Penangkapan tersebut dilakukan di Jalan Lintas Sumatera Medan – Banda Aceh, tepatnya di Simpang Kampung Sawah, Kelurahan Bukit Kubu, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

“Saat itu tim patroli melihat ada dua orang pelaku yang sedang mengangkut kayu dari kawasan hutan. Sehingga dilakukan patroli dan mengamankan keduanya saat melintas di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumut,” ujarnya.

Petugas TNGL mengamankan satu unit pick up pengangkut kayu hasil illegal logging dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia