Dua Orang Utan Ini Berkeliaran di Areal Perkebunan PT PISS, BKSDA Bergerak Mengevakuasi

Kamis, 02 Juni 2022 – 20:38 WIB
Dua Orang Utan Ini Berkeliaran di Areal Perkebunan PT PISS, BKSDA Bergerak Mengevakuasi - JPNN.com Sumut
Tim saat mengevakuasi Orang Utan Sumatera dari areal perkebunan PT PISS. Foto: BBKSDA Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) mengevakuasi seekor Orang Utan Sumatera yang berkeliaran di areal perkebunan PT PISS, di Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat.

Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut Andoko Hidayat menyebut evakuasi orang utan itu berawal dari informasi manager PT PISS kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, soal keberadaan dua invidu orang utan yang berkeliaran di areal perkebunan.

Petugas yang menerima laporan itu langsung membentuk tim gabungan dari petugas BKSDA Sumut, YOSL-OIC dan pihak perkebunan PT PISS. Tim pun bekerja untuk mengidentifikasi lokasi dan memantau pergerakan satwa dengan nama latin pongo abelii itu. 

"Keberadaan orang utan tersebut sebenarnya sudah lama terdeteksi, tapi kesulitan dalam identifikasi lokasi karena satwa ini selalu berpindah, termasuk di areal kerja PT PISS yang belum dikelola," kata Andoko, Kamis (2/6).

Andoko menyebut keberadaan orang utan di areal perkebunan dikhawatirkan akan menimbulkan konflik dengan masyarakat serta karyawan kebun. Untuk itu, tim bergerak untuk melakukan evakuasi.

Pada Selasa (31/5), tim mengevakuasi satu dari dua orang utan yang berkeliaran di areal perkebunan. Berdasarkan hasil identifikasi, orang utan itu berjenis kelamin betina dengan usia 12 tahun.

"Kondisi sehat, hanya sedikit kurus diduga akibat kekurangan pakan selama di areal perkebunan. Tidak ditemukan luka fraktur atau bekas tembakan senapan angin pada bagian tubuh satwa," ujarnya.

Seusai dievakuasi, kata Andoko, satwa bakal dilepasliarkan ke kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser di kawasan restorasi Resort Cinta Raja tiga. Namun, sebelum dilepas, petugas terlebih dahulu memasang microchip dan vitamin.

"Orang utan dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser," sebut Andoko.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) mengevakuasi seekor Orang Utan Sumatera yang berkeliaran di areal perkebunan PT PISS,
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News