BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir

Selasa, 06 Desember 2022 – 18:05 WIB
BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Hujan Lebat yang Berpotensi Banjir - JPNN.com Sumut
Cuaca mendung yang berpotensi turun hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca potensi hujan dan petir yang dapat menyebabkan banjir di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

BMKG mengimbau agar warga mengantisipasi potensi banjir, angin kencang akibat hujan lebat yang akan mengguyur beberapa wilayah di Sumut.

"Waspada potensi hujan lebat disertai petir di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, Lereng Timur, dan Pegunungan Sumut yang dapat menyebabkan banjir, angin kencang dan longsor," kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza di Medan, Selasa (6/12).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari terakhir pada pagi dan sore berpotensi hujan ringan hingga sedang. Potensi tersebut terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Simalungun, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan Samosir.

Kondisi yang sama, lanjutnya, dapat terjadi di Tapanuli Utara, Karo, Pematang Siantar, Toba, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas dan sekitarnya.

Sementara, hujan lebat berpotensi terjadi di Medan, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Serdang Bedagai, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, beberapa wilayah berpotensi hujan ringan hingga sedang, seperti di wilayah Kepulauan Nias, Simalungun, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Samosir, Tapanuli Utara.

Selanjutnya, di Kabupaten Karo, Pematang Siantar, Toba, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Dairi, Pakpak Bharat, Paluta, Palas dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Sumut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News