Gerbang Tol Sinaksak-Dolok Merawan Dibuka saat Mudik Nataru 2022, Irjen Panca Instruksikan Hal Ini

Selasa, 20 Desember 2022 – 21:17 WIB
Gerbang Tol Sinaksak-Dolok Merawan Dibuka saat Mudik Nataru 2022, Irjen Panca Instruksikan Hal Ini - JPNN.com Sumut
Gerbang tol Sinaksak dipersiapkan mengantisipasi kepadatan puncak arus mudik Nataru di Sumut. Foto: ANTARA/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kapolda Sumatera Utara Irjen Panca Putra Simanjuntak meminta pengelola tol Sinaksak-Dolok Merawan untuk memastikan keamanan dan keselamatan bagi pemudik saat melintas di jalur tol tersebut.

Dia mengatakan gerbang Tol Sinaksak-Dolok Merawan akan dimanfaatkan sebagai jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan kendaraa saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Gerbang Tol Sinaksak direncanakan akan menjadi jalur alternatif sebagai pengurai kepadatan lalu lintas yang berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar," kata Panca di Medan, Selasa (20/12).

Mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) ini meminta agar jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan harus dengan pengawasan ketat oleh Kasatwil dan berkoordinasi dengan pihak pengelola.

"Lakukan pengawasan dan sistem rekayasa arus lalu lintas dengan pengawalan kendaraan yang memasuki jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan," ucapnya.

Kapolda meminta agar tetap memedomani kecepatan jarak aman mengingat jalur tol tersebut dalam kategori belum siap dan dikhawatirkan dapat berakibat rawan kecelakaan lalu lintas.

"Pengelola jalan tol agar menyiapkan tiang pembatas, imbauan, dan 'scotlight' guna menjadi pedoman masyarakat yang melintasi jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan sehingga tetap aman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas," katanya.

Dia mengatakan jalur alternatif akan digunakan tergantung situasi di lapangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru yang diprediksi punyaknya terjadi pada 23 Deember 2022. Jalur ini, kata Panca, akan digunakan saat kondisi darurat.

Kapolda Sumut Irjen Panca meminta pengelola Tol Sinaksak-Dolok Merawan memastikan kenyamanan dan keselamatan pemudik saat digunakan pada puncak Natal 2022
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News