Puncak Mudik Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu Diprediksi Mencapai 25,5 Ribu Penumpang

Selasa, 20 Desember 2022 – 19:54 WIB
Puncak Mudik Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu Diprediksi Mencapai 25,5 Ribu Penumpang - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Suasana di terminal domestik Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut. Foto: ANTARA/HO-PT Angkasa Pura Aviasi

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - PT Angkasa Pura Aviasi memprediksi puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Bandara Internasional Kualanmau Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), akan terjadi pada H-1 dengan jumlah 25.573 penumpang dan 188 penerbangan.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi Bandar Udara Internasional Kualanamu Heriyanto Wibowo mengatakan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+1 atau Tahun Baru 2023, dengan prediksi jumlah penumpang 25.008 penumpang atau 186 penerbangan.

"Jumlah pergerakan penumpang di Bandar Udara Internasional Kualanamu di Tahun 2022 ini mengalami peningkatan yang cukup baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Heriyanto melalui keterangan tertulis yang diterima Selasa (20/12).

Dia menjelaskan jumlah penumpang pada mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diperkirakan naik 6.230 penumpang atau 11 persen dibandingkan tahun lalu.

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, lanjutnya, PT Angkasa Pura Aviasi melakukan berbagai persiapan baik dari sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside), seperti fasilitas pendukung pemanduan lalu lintas udara, fasilitas take off/landing dan fasilitas pendukung pergerakan pesawat di apron termasuk garbarata.

Selanjutnya, uninterruptible supply (UPS) dan genset mengantisipasi gangguan pasokan tenaga listrik, serta fasilitas pendukung ground handling. Kemudian, meningkatkan personi layanan dan keamanan, Terminal Inspector Service (TIS) total 40 personil dan Teknik total 130 personil.

“Operasi total 484 personil dan tambahan personil dari Eksternal terdiri dari TNI dan Polri sebanyak 15 personil. Sementara untuk Dinas Kesehatan 3 personil, KKP 3 personil, serta Dinas Perhubungan 3 personil,” ungkapnya.

Pihak maskapai, kata dia, juga sangat mendukung kegiatan ini dengan melakukan penambahan jumlah pesawat yang beroperasi selama angkutan Natal dan Tahun Baru.

PT Angkasa Pura Aviasi memprediksi puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan terjadi pada H-1 Natal dan H+1 Tahun Baru, naik 11 persen
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News