Dua Ruas Tol di Sumut Ini Difungsikan Secara Gratis saat Mudik Nataru, Tetapi Ada Syaratnya

Minggu, 24 Desember 2023 – 18:58 WIB
Dua Ruas Tol di Sumut Ini Difungsikan Secara Gratis saat Mudik Nataru, Tetapi Ada Syaratnya - JPNN.com Sumut
PT Hutama Karya akan membuka dua ruas tol di Sumatera Utara (Sumut) secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal dan Tahun Baru. Foto: Antara/HO-Dok Hutama Karya

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dua ruas tol baru yang masuk dalam Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan dibuka secara fungsional selama mudik Natal dan Tahun Baru. Masyarakat diperbolehkan menggunakan dua ruas tol ini secara gratis, dengan syarat harus menempelkan kartu tol elektronik atau tapping.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo mengatakan dua ruas yang akan difungsikan dalam mendukung kelancaran aru lalu lintas selama mudik Nataru, yaitu Tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura dan Tol Kuala Tanjung – Tebingtinggi - Parapat seksi Tebingtinggi - Sinaksak.

“Untuk seksi Tebingtinggi – Sinaksak sudah lebih dulu dibuka pada Jumat dan untuk tol Kuala Bingai – Tanjung Pura dibuka mulai Sabtu, yang beroperasi 24 jam dimulai pukul 07.00 WIB sesuai arahan regulator,” kata Tjahjo di Medan, Minggu (24/12).

Dia mengatakan selama dioperasikan secara fungsional masyrakat dapat menikmati dua ruas tol tersebut tanpa tarif, sebelum nantinya akan dibuka secera resmi dengan penetapan tarif tol.

Tjahjo menyebut tol Kuala Bingai – Tanjug Pura ini memiliki panjang 19 kilometer dan merupakan bagian dari tol Binjai – Langsa. Tol ini mampu memangkas waktu tempuh dari Kuala Bingai menuju Tanjung Pura yang semula lebih dari satu jam, menjadi 30 menit.

“Ini tentu akan mempermudah akses masyarakat pengguna tol dari Kuala Bingai yang ingin berkunjung ke Tanjung Pura untuk sekedar menikmati tempat wisata dan kuliner,” ucap Tjahjo.

Sedangkan tol Tebingtinggi – Sinaksak, lanjutnya, memiliki panjang 48 kilomneter dan merupakan bagian dari tol Kuala Tanjung – Tebingtinggi – Parapat. Pengoperasian ruas tol ini juga mampu memangkas waktu tempuh menjadi 30 menit.

“Dengan adanya jalan tol ini, akses wisatawan dari daerah Sinaksak yang ingin berlibur daerah itu menjadi lebih mudah lagi, atau untuk masyarakat daerah Tebing Tinggi yang ingin mencoba kuliner khas Siantar menjadi lebih cepat,” jelas Tjahjo Purnomo.

Dua ruas tol di Sumatera Utara ini dibuka secara fungsional dan gratis untuk mendukung arus lalu lintas selama mudik Natal dan Tahun Baru, begini syaratnya
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News