Empat Kecamatan di Kabupaten Batu Bara Terendam Banjir, Ratusan Warga Terdampak

Kamis, 10 November 2022 – 16:56 WIB
Empat Kecamatan di Kabupaten Batu Bara Terendam Banjir, Ratusan Warga Terdampak - JPNN.com Sumut
Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi saat meninjau titik banjir di wilayah Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Selasa, (8/10). Foto: Polres Batu Bara

sumut.jpnn.com, BATU BARA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada empat kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut).

Banjir itu sudah terjadi sejak Senin (7/11) lalu yang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi hingga mengakibatkan banjir.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyebut ada sekitar 934 kepala keluarga (KK) yang terdampak. Beberapa di antaranya juga terpaksa mengungsi.

Adapun empat kecamatan yang terdampak banjir, yakni Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Desa Sei Buah Keras Kecamatan Medang Deras, Desa Perkebunan Sei Balai Kecamatan Sei Balai dan Desa Tanjung Mulia Kecamatan Nibung Mulia.

"Petugas mencatat Tinggi Muka Air (TMA) rata-rata 20 hingga 50 cm," kata Abdul Muhari dalam keterangannya, Kamis (10/11).

Muhari menyebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara telah mendirikan tenda pengungsi di beberapa titik, yakni dua unit tenda pengungsi di Desa Gambus Laut, 2 unit di Desa Tanjung Mulia dan 1 unit di Desa Sei Buah Keras.

Selain itu, distribusi bantuan logistik berupa sembako dan air bersih juga telah dilakukan.

"Perkembangan terkini dari lokasi banjir, kondisi di Desa Gambus air masih menggenangi beberapa rumah warga dan di Desa Sei Buah Keras banjir telah surut. Sementara di Desa Tanjung Mulia air banjir masih menggenangi jalan dan rumah warga," ungkapnya.

Banjir itu sudah terjadi sejak Senin (7/11) yang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi hingga mengakibatkan banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News