BMKG: Waspada Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan Sumut yang Berpotensi Banjir

Selasa, 08 November 2022 – 14:06 WIB
BMKG: Waspada Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan Sumut yang Berpotensi Banjir  - JPNN.com Sumut
BMKG meminta warga mewaspadai hujan lebat di wilayah pegunungan Sumut yang berpotensi terjadi banjir dan longsor. Ilustrasi. Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat atas potensi hujan di wilayah pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi terjadi banjir.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza mengatakan dalam dua hari ke depan diprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Masyarakat diminta mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di pegunungan, lereng timur dan pantai timur, dan pantai barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Defri Mendoza, Selasa (8/11).

Dia menjelaskan secara umum dalam dua hari ke depan pada pagi hari hujan ringan mengguyur Kepulauan Nias dan sekitarnya. Sedangkan beranjak siang hingga sore hujan ringan hingga sedang akan terjadi di sebagaian besar wilayah Sumut.

Beranjak malam hari, hujan ringan hingga sedang masih mengguyur sebagian besar wialayah Sumut. Kecuali di Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat, akan diguyur hujan lebat.

Selanjutnya, beranjak dini hari, beberapa wilayah seperti Langkat, Deli Serdang, Kota Medan, Serdang Bedagai, Asahan, Karo, Dairi, Simalungun, Samosir, dan sekitarnya, berpotensi terjadi hujan ringan.

Suhu udara rata-rata 16.0 – 32.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen dan angin berhembus dari barat daya-timur laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dalam dua hari ke depan di wilayah pegunungan Sumut yang berpotensi banjir dan longsor

Redaktur & Reporter : Muhlis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News