BMKG: Waspada Banjir dan Longsor Akibat Hujan Lebat di Pegunungan Sumut

Rabu, 02 November 2022 – 13:43 WIB
BMKG: Waspada Banjir dan Longsor Akibat Hujan Lebat di Pegunungan Sumut - JPNN.com Sumut
Ilustrasi longsor. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di pegunungan, lereng timur dan lereng barat, dan pantai barat Sumut," kata prakirawan BMKG WIlayah I Medan Martha R Manurung, Rabu (2/11).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan diramal berpotensi hujan pada sore hingga siang.

Potensi hujan diprakirakan akan mengguyur wilayah Langkat, Deli Serdang, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah.

Kondisi yang sama juga dapat terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Toba, Simalungun, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Karo dan sekitarnya.

Beranjak malam, pontensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diramal akan terjadi di sebagian besar wilayah di Sumut.

Sedangkan dini hari, hujan ringan diprediksi terjadi di Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Medan, Batubara dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16-32 derajat Celsius dengan kelembaban udara 60-98 persen. Sementara itu angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan rata-rata 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG meminta warga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat berdampak banjir dan longsor

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News