Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG Beri Peringatan Dini Waspadai Hujan Lebat di Sumut

Jumat, 04 November 2022 – 14:02 WIB
Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG Beri Peringatan Dini Waspadai Hujan Lebat di Sumut  - JPNN.com Sumut
Cuaca mendung yang berpotensi turun hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Sumatera Utara (Sumut) mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah wilayah hari ini, Jumat (4/11).

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan akan terjadi di wilayah Pantai Barat, Lereng Barat dan pegunungan.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di wilayah Pantai Barat, Lereng Barat, Lereng Timur, Pegunungan Sumatera Utara, dan Kepulauan Nias," kata Budi Prasetyo.

Dia menjelaskan secara umum rata-rata cuaca di Sumut dalam dua hari ini pada pagi hari berpotensi hujan ringan hingga sedang yang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Sibolga dan sekitarnya.

Beranjak siang hari, potensi hujan ringan hingga lebat terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal.

"Kemudian, hujan berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Medan, Deli Serdang, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara," ujarnya.

Sementara, beranjak malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprediksi terjadi di sebagian wilayah, seperti Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Batubara, Karo.

Selanjutnya, terjadi di Asahan, Tanjung Balai, Tebing Tinggi Tapanuli Utara, Samosir, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca bagi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai potensi hujan yang terjadi di sejumlah wilayah dan pegunungan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News