Peringatan Dini Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan

Selasa, 01 November 2022 – 15:59 WIB
Peringatan Dini Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir merendam Jalan Sei Batang Hari, Kecamatan Medan Sunggal, Medan, Kamis (18/8) pagi. Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan naiknya debit air sungai.

Prakirawan BMKG WIlayah I Medan Budi Prasetyo menyebut potensi hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah pegunungan dan pesisir Timur Sumatera Utara (Sumut).

"Waspada potensi hujan lebat di wilayah pegunungan, Lereng Barat, Lereng Timur, Pesisir Timur dan sekitarnya," kata Budi Prasetyo di Medan, Selasa (1/11).

Dia menyebut dalam dua hari ke depan diprakirakan cuaca di Sumut pada siang hingga sore hari masih berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat.

Beberapa wilayah di Sumut yang diramal berpotensi diguyur hujan pada siang hingga sore, terjadi di Kepulauan Nias, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan.

Selanjutnya, potensi hujan juga terjadi di Humbang Hasundutan, Padang Sidimpuan, Mandailing Natal, Toba, Simalungun, Padang Lawas, padang Lawas Utara, Karo dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam, lanjut Budi, beberapa wilayah yang berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat, yakni Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Asahan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi.

Kemudian, terjadi di Batubara, Medan, Deli Serdang, Langkat, Karo, Simalungun, P. Siantar, Dairi, Samosir, dan Sekitarnya.

BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan dan pesisir Timur Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia