BMKG Ingatkan Siklon Tropis Nalgae, Warga Sumut di Bantaran Sungai Diminta Waspada

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 17:54 WIB
BMKG Ingatkan Siklon Tropis Nalgae, Warga Sumut di Bantaran Sungai Diminta Waspada - JPNN.com Sumut
Situasi langit Kota Medan diselimuti awan tebal pada Sabtu (29/10) sore. Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai di Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir dampak hujan di pegunungan.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah mengatakan beberapa hari ke depan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih mengguyur sebagian wilayah di Sumatera Utara.

Intensitas hujan yang cukup tinggi memungkinkan terjadinya banjir akibat naiknya debit air sungai.

"Kondisi tersebut disebabkan adanya siklon tropis Nalgae di Laut Cina Selatan yang cenderung persisten seiring pergerakannya ke arah barat - barat laut," kata Utami Al Khairiyah, Sabtu (29/10).

Kondisi siklon tropis Nalgae tersebut, lanjutnya, memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara.

"Waspada hujan sedang hingga lebat di wilayah pantai timur, lereng timur, pegunungan, lereng barat, pantai barat dan Kepulauan Nias, Sumatera Utara," ujarnya.

Utami mengatakan dua hari ke depan, cuaca di Sumut diprakirakan pada pagi hari akan terjadi hujan ringan di Kepulauan Nias.

Sementara, pada siang hingga sore hari diprakirakan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah di Sumut.

BMKG mengimbau warga Sumatera Utara (Sumut) yang tinggal di bantaran sungai untuk mewaspadai potensi banjir akibat curah hujan tinggi di pegunungan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia