Gerhana Bulan Total Terjadi 8 November Terlihat di Indonesia, Kecuali Dari 4 Wilayah Termasuk Sumut

Rabu, 02 November 2022 – 10:00 WIB
Gerhana Bulan Total Terjadi 8 November Terlihat di Indonesia, Kecuali Dari 4 Wilayah Termasuk Sumut - JPNN.com Sumut
Tangkapan layar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Rabu (2/11/2022), menampilkan ilustrasi proses gerhana bulan total 8 November 2022. Foto: ANTARA/HO-BMKG

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan fenomena gerhana bulan total akan terjadi pada 8 November 2022 mendatang dan dapat diamati di Indonesia kecuali di empat wilayah.

"Durasi totalitas gerhana bulan total pada 8 November 2022 ini akan berlangsung selama satu jam 25 menit 44 detik," demikian informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Rabu (2/11).

Gerhana bulan adalah peristiwa saat terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Fenomena tersebut terjadi lantaran bulan-matahari-bumi dalan posisi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra (bayangan inti) bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah.

Sedangkan gerhana matahari adalah fenomena terhalangnya cahaya matahari ke bumi lantaran terhalang oleh bulan. Akibatnya, tidak semua cahaya matahari sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Sebelumnya, Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Andi Pangerang menyampaikan gerhana bulan total akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia kecuali empat wilayah.

Keempat wilayah yang tidak akan terlihat tersebut, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Gerhana Bulan total akan terjadi pada 8 November mendatang dan dapat terlihat di seluruh Indonesia kecuali Sumut, Aceh, Sumbar dan Bengkulu
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News