BMKG Imbau Warga Waspadai Potensi Hujan Lebat di Pegunungan dalam Dua Pekan ke Depan

Jumat, 28 Oktober 2022 – 15:45 WIB
BMKG Imbau Warga Waspadai Potensi Hujan Lebat di Pegunungan dalam Dua Pekan ke Depan - JPNN.com Sumut
BMKG menyampaikan prakiraan cuaca di Sumatera Utara (Sumut) dalam dua pekan ke depan dan meminta warga mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Jumat (28/10).

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah mengimbau warga untuk mengantisipasi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat terjadi di kawasan pegunungan Provinsi Sumatera Utara dalam dua pekan ke depan sejak akhir Oktober 2022.

"Waspada hujan sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, pantai timur, lereng timur, lereng barat dan pantai barat Sumatera Utara," kata Utami Al Khairiyah di Medan, Jumat (28/10).

Dia menjelaskan dalam dua hari ke depan pada pagi hari potensi hujan ringan diprediksi terjadi di wilayah Mandailing Natal (Madina) dan sekitarnya.

Beranjak siang hingga sore potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sementara, pada malam hari diperkirakan beberapa wilayah akan diguyur hujan ringan hingga sedang. Sedangkan hujan lebat diramal akan terjadi di sebagian besar wilayah pantai timur, lereng barat, pantai barat, dan pegunungan Sumatera Utara.

Beranjak dini hari, potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Pantaia Timur Sumatera Utara (Sumut).

Sedangkan suhu udara rata-rata 16.0-31.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan rata-rata 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG meminta warga Sumatera Utara mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam dua pekan ke depan

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News