6 Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak yang Harus di Waspadai Orang Tua, Jangan Panik!

Rabu, 19 Oktober 2022 – 17:30 WIB
6 Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak yang Harus di Waspadai Orang Tua, Jangan Panik! - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Pemeriksaan ginjal. (ANTARA/Shutterstock)

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia megalami peningkatan dua bulan terakhir. Di Sumatera Utara (Sumut) kasus yang mengarah pada gejala gagal ginjal tercatat 12 anak, tujuh anak di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Para orang tua diminta meningkatkan kewasadaan dengan mengenali gejala gagal ginjal akut pada anak.

Melansir data Kementerian Kesehatan RI, per 18 Oktober 2022 jumlah anak yang mengalami gagal ginjal tercatat sebanyak 189 kasus. Dari jumlah tersebut paling banyak dialami oleh anak usia 1-5 tahun.

Kemenkes RI mengimbau orang tua mewaspadai tanda-tanda gagal ginjal akut pada anak tersebut. Sebab, hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab dari kerusakan pada ginjal ini.

Pemerintah bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan tim dokter RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) membentuk satu tim yang bertugas untuk mengamati dan menyelidiki kasus gangguan ginjal akut pada anak.

Selain itu, Kemenkes juga telah menerbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02./2/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Managemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan sebagai bagian peningkatan kewaspadaan.

Surat keputusan ini memuat serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh tenaga medis dan tenaga kesehatan lain dalam melakukan penanganan terhadap pasien gagal ginjal akut sesuai dengan indikasi medis.

Berikut beberapa gejala gagal ginjal akut pada anak yang harus dikenali oleh para orang tua, dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan sehatnegeriku.kemkes.go.id

Orang tua harus mengenali 6 gejala gagal ginjal akut pada anak untuk meningkatkan kewaspadaan, berikut tanda-tandanya
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia