Update Kasus Gagal Ginjal Akut, Dinkes Sumut: Ada 12 Kasus, 7 Anak Meninggal Dunia

Rabu, 19 Oktober 2022 – 12:50 WIB
Update Kasus Gagal Ginjal Akut, Dinkes Sumut: Ada 12 Kasus, 7 Anak Meninggal Dunia - JPNN.com Sumut
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumut dr Syarifah Zakia saat diwawancarai di kantornya, Rabu (19/10). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membeberkan perkembangan data terbaru kasus gagal ginjal akut misterius di Sumut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumut dr Syarifah Zakia menyebut hingga hari ini, ada 12 kasus anak dengan gagal ginjal akut misterius.

"Jadi, untuk kondisi gagal ginjal akut per hari ini ada 12 kasus di Sumut. Itu ada delapan di Adam Malik, empat di rumah sakit lainnya," kata dr Syarifah Zakia, saat ditemui di kantornya, Rabu (19/10).

Syarifah mengaku dari total kasus tersebut, tujuh anak diantaranya meninggal dunia, sementara dua anak dinyatakan sembuh dan tiga orang lainnya masih dirawat.

Ketiga anak tersebut, satu diantaranya dirawat di RSUP H Adam Malik, sedangkan dua orang lainnya di rumah sakit swasta di Kota Medan.

"Anak-anak ini masih dalam perawatan. Jadi, rata-rata dari jumlah anak tersebut mayoritas dari Medan," ujarnya.

Syarifah belum bisa memastikan penyebab gagal ginjal akut pada anak itu. Namun, dia menyebut penyakit itu diduga salah satunya  disebabkan oleh kandungan pada sirup anak.

"Itu sebenarnya penyebabnya belum pasti diketahui, ada beberapa faktor lagi penyelidikan oleh dokter spesialis anak, tapi salah satunya itu mungkin diduga dari sirup, apakah itu Paracetamol, itu masih diteliti," ujarnya.

Dinas Kesehatan Sumut menyebut ada 12 kasus gagal ginjal akut misterius terhadap anak di Sumatera Utara, tujuh di antaranya meninggal dunia
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News