Beberapa Penyakit Ini Mengancam Kesehatan saat Musim Hujan, Harus Diwaspadai

Minggu, 16 Oktober 2022 – 20:21 WIB
Beberapa Penyakit Ini Mengancam Kesehatan saat Musim Hujan, Harus Diwaspadai - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Warga menguras banjir yang menggenangi rumahnya di kawasan Kecamatan Medan Maimun saat musim hujan. Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN

sumut.jpnn.com - MUSIM HUJAN mulai melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Perubahan cuaca ini akan berdampak pada lingkungan sehingga masyarakat diminta mengnatisipasinya, baik itu potensi bencana maupun penyakit yang ditimbulkan.

Perubahan yang cukup ekstrem akan memnyebabkan suhu udara relatif lebih dingin. Tubuh manusia sangat sensitif sehingga akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur. Hal tersebut dapat mempengaruhi daya tahan tubuh. Itu sebabnya, saat pancaroba seringkali orang menjadi lebih mudah sakit.

Medical Underwriter Sequis dr Debora Aloina Ita Tarigan mengingatkan masyarakat mengenai sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai di musim hujan.

Beberapa penyakit yang muncul saat musim hujan di antara lain infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), yakni batuk, pilek, influenza, dan bronkitis, ada juga penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dari nyamuk Aedes Aegypti, yakni penyakit Zika (Zika disease), Demam Berdarah Dengue (DBD), dan demam Chikungunya.

Selain itu, ada juga risiko gangguan penyakit yang disebabkan oleh patogen (bakteri, parasit, jamur), terutama menyerang daerah yang terdapat banyak sampah dan terkena banjir.

"Jika sampah mengontaminasi bahan makanan, makanan siap saji, atau air maka ketika dikonsumsi dapat menghancurkan sel-sel tertentu pada tubuh dan menyebabkan penyakit demam tifoid, kolera, dan disentri juga hepatitis,” ujar dr Debora Aloina Ita Tarigan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/10).

Debora menyebutkan beberapa penyakit lain yang juga patut diwaspadai saat musim hujan, yakni paru-paru basah. Hal itu disebabkan oleh udara yang terlalu dingin dan ruangan yang tidak mendapatkan cahaya matahari sehingga sirkulasi udara kurang.

Tempat yang lembab, lanjutnya, dapat menibgkatkan perkembangbiakan virus, bakteri, jamur, dan tungau. Terlebih tempat tersebut kotor, banyak debu dan digunakan untuk merokok. Inilah alasan mengapa mereka yang rutin menggunakan ruangan tersebut mudah terkena penyakit paru-paru basah.

Masyarakat diminta untuk mewaspadai beberapa penyakit yang akan muncul pada musim hujan lantaran perubahan cuaca ekstrem
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia