Debat Capres, Ganjar Pranowo Janji Kembalikan Anggaran Kesehatan Menjadi 10 Persen

Senin, 05 Februari 2024 – 06:00 WIB
Debat Capres, Ganjar Pranowo Janji Kembalikan Anggaran Kesehatan Menjadi 10 Persen - JPNN.com Sumut
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berbicara dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan bersama calon wakil presiden Mahfud MD akan berfokus pada bidang kesehatan dengan mengembalikan alokasi wajib anggaran sebesar lima hingga sepuluh persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ganjar mengatakan alokasi wajib anggaran kesehatan tersebut menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan angka harapan hidup Indonesia, yang berada di urutan ke-10 dari 11 negara Asia Tenggara berdasarkan World Population Prospects 2022.

"Hanya memang ketika undang-undang sebelumnya mengatur bahwa ada persentase dari anggaran untuk kesehatan mesti diberikan terpotong kemarin, rasanya ini mesti dikembalikan. Angka lima sampai sepuluh persen menjadi angka yang bisa memastikan dalam politik kesehatan kita, layanan itu untuk bisa lebih baik," kata Ganjar dalam debat terakhir Pilpres 2024 yang dilaksanakan di Balai Sidang Jakarta, Minggu malam.

Ganjar mengatakan pemerintahannya nantinya siap mendampingi sektor kesehatan untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia.

"Di samping itu tentu saja pemerintah mendampingi dalam setiap kebijakan yang ada, sehingga dalam politik anggaran ada persentase yang harus disiapkan agar anggaran kita mesti cukup untuk bisa memenuhi," ujar Ganjar.

Kendati demikian dia mengatakan langkah promotif dan preventif harus diwujudkan oleh setiap warga negara yang mewujudkan dengan berolahraga, konsumsi manakan sehat, dan gaya hidup sehat. Menurut dia, langkah promotif dan preventif penting untuk dilakukan.

Selanjutnya, kata dia, pemerintahan Ganjar-Mahfud pada tahap berikutnya akan menyediakan fasilitas kesehatan sampai ke desa-desa.

"Maka pada tahap berikutnya barulah kita memberikan fasilitas kesehatan sampai ke desa-desa, seperti tadi, 1 Desa 1 Faskes 1 Nakes," tuturnya.

Capres nomor 03 Ganjar Pranowo berkomitmen akan menambah anggaran di bidang kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News