BMKG: Puncak Musim Hujan di Medan Diperkirakan Oktober, Waspada Banjir dan Longsor

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 08:00 WIB
BMKG: Puncak Musim Hujan di Medan Diperkirakan Oktober, Waspada Banjir dan Longsor - JPNN.com Sumut
BMKG memprakirakan puncak musim hujan di Kota Medan terjadi pada Oktober, warga diminta mewaspadai potensi banjir dan longsor. Ilustrasi. Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi puncak musim hujan di Kota Medan tahun ini akan terjadi pada Oktober.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah mengimbau warga untuk mewaspadai intensitas hujan yang dapat berpotensi banjir dan longsor.

"Puncak musim hujan di Kota Medan dan sekitarnya itu, normalnya bulan Oktober," kata Utami di Medan, Jumat (30/9).

Dia menjelaskan puncak musim hujan tidak hanya terjadi di Medan, melainkan di Sumatera Utara (Sumut) secara umum.

Oleh sebab itu, kata Utami, masyarakat perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Menurutnya, dampak dari bencana hidrometeorologi berupa potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang dan pohon tumbang.

"Kita perkirakan banjir dalam kategori rendah hingga menengah, dan longsor menengah hingga tinggi. Petir dan angin kencang di lereng barat pegunungan, lereng timur bagian utara dan pantai barat di Sumut," jelasnya.

Utami menjelaskan potensi curah hujan pada Oktober akan meningkat dibandingkan September tahun ini antara sedang hingga lebat di atas 50 milimeter per hari di Sumatera Utara.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai puncak musim hujan di Kota Medan yang diprediksi terjadi pada Oktober dan potensi dampak bencana banjir dan longsor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News