Gempa Taput, BBMKG Mencatat Terjadi 105 Gempa Susulan di Tapanuli Utara

Senin, 03 Oktober 2022 – 16:31 WIB
Gempa Taput, BBMKG Mencatat Terjadi 105 Gempa Susulan di Tapanuli Utara - JPNN.com Sumut
Peta pusat gempa susulan yang terjadi di wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Foto: ANTARA/HO Pusat Gempa Regional I BBMG Wilayah 1 Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pusat Gempa regional I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mencatat terjadi 105 gempa susulan di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pascagempa dengan magnitudo 6,0 yang mengguncang wilayah tersebut pada Sabtu (1/10) pukul 02.28 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho mengatakan bahwa gempa susulan itu terjadi di wilayah Sipaholon dan Tarutung, Kabpupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

"Dari sekian banyak gempa susulan itu, tercatat hanya 11 getaran gempa yang dapat dirasakan," kata Hendro di Medan, Senin (3/10).

Berdasarkan data BMKG gempa susulan tersebut terjadi dengan kekuatan bervariasi antara magnitudo 1,0 hingga 5,0.

Sebagian besar gempa susulan bermagnitudo 2,1 sampai 3,0 dengan jumlah gempa tercatat 79 kali.

Selanjutnya, ada 16 gempa susulan dengan magnitudo 3,1 sampai 4,0 dan lima gempa susulan dengan magnitudo 4,1 sampai 5,0.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan sejumlah gempa susulan yang terjadi di Tapanuli Utara itu berpusat di patahan besar Sumatera Segmen Renun.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau kepada warga untuk tetap mewaspadai dampak kejadian gempa susulan yang terjadi.(antara/jpnn)

BBMKG mencatat hingga Senin (3/10) terjadi sebanyak 105 gempa susulan setalah gempa utama mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada Sabtu (1/10)

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News