Warga Sumut Harus Waspada, BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari ke Depan, Simak

Kamis, 01 September 2022 – 11:19 WIB
Warga Sumut Harus Waspada, BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari ke Depan, Simak - JPNN.com Sumut
BMKG wilayah I Medan memprediksi sejumlah wilayah di Sumut masih dilanda cuaca ekstrem. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) masih akan dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan. Untuk itu, masyarakat diminta agar meningkatkan kewaspadaan.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan mulai dari 1-3 September 2022.

Tak hanya hujan, bencana itu juga akan disertai dengan petir dan angin kencang.

"Maka wilayah Sumut dalam tiga hari ke depan mulai 1-3 September 2022 berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang," tulis BBMKG Wilayah 1 Medan melalui akunnya @infobmkgsumut di Instagram, Kamis (1/9).

BMKG memprakirakan cuaca ekstrem itu akan terjadi dalam durasi yang cukup lama. Bahkan, cakupan wilayah yang terdampak juga cukup luas.

Selain itu, kondisi cuaca ekstrem tersebut diprakirakan akan menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.

Berdasarkan hasil analisis BBMKG, peristiwa itu disebabkan oleh sejumlah hal, seperti adanya belokan angin dari daerah pertemuan angin di Sumut.

Kemudian, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO), suhu muka laut (SST) yang masih hangat serta kondisi udara di lapisan atas yang labil.

Sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) masih akan dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan. Untuk itu, masyarakat diminta untuk terus waspada.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News