Cuaca Ekstrem Mengintai Wilayah Sumut Beberapa Hari ke Depan, BMKG Beri Peringatan, Waspada

Senin, 29 Agustus 2022 – 12:30 WIB
Cuaca Ekstrem Mengintai Wilayah Sumut Beberapa Hari ke Depan, BMKG Beri Peringatan, Waspada - JPNN.com Sumut
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca hari ini, Senin (11/7) di wilayah Sumatera Utara. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

BBMKG memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan mulai dari 29-31 Agustus 2022.

Tak hanya hujan, bencana tersebut juga diprakirakan akan disertai dengan petir dan angin kencang.

"Wilayah Sumut dalam tiga hari ke depan mulai 29-31 Agustus 2022 berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang," tulis BBMKG Wilayah 1 Medan melalui akunnya @infobmkgsumut di Instagram, Senin (29/8).

BBMKG memprakirakan cuaca ekstrem itu akan terjadi dalam durasi yang cukup lama serta dengan cakupan wilayah yang cukup luas.

Bahkan, kondisi tersebut diprakirakan akan menyebabkan terjadinya banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.

Berdasarkan hasil analisis BBMKG, peristiwa itu disebabkan adanya belokan angin dari daerah pertemuan angin di Sumut. Selain itu, Madden Julian Oscillation (MJO) juga berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan yang ditambah kondisi udara di lapisan atas labil dan adanya potensi penguapan di Samudera Hindia Barat Sumut.

Untuk itu, BBMKG mengingatkan agar pemerintah daerah serta masyarakat untuk bersiaga menghadapi bencana tersebut.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News