BMKG: Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Selasa, 30 Agustus 2022 – 15:27 WIB
BMKG: Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang  - JPNN.com Sumut
BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini untuk sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut). Simak selengkapnya. Ilustrasi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan anging kencang.

Potensi hujan dan angin kecang diramal akan terjadi di wilayah pegunungan, lereng Timur, lereng Barat, dan pantai Timur di Sumut.

"Hujan dengan intensitas lebat tersebut dapat terjadi Selasa siang dan malam yang berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Prakirawan BMKG WIlayah I Medan Budi Prasetyo di Medan, Selasa (30/8).

Budi Prasetya menjelaskan pada siang hari diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Kepulauan Nias, Tapanuli Utara, Simalungun, Samosir, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, hujan ringan hingga lebat juga berpotensi terjadi di wilayah Asahan, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Medan, Langkat, Karo, Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Sedangkan pada dini hari, lanjut Budi, cuaca di Sumut pada umumnya berawan kecuali di wilayah Medan, Langkat, Deli Serdang dan sekitarnya, berpotensi hujan ringan.

Suhu udara berada pada 17.0-33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-95 persen. Sementara angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang, berikut sebaran wilayahnya

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News