Warga Sumut Diminta Waspada, BMKG Prediksi Hujan Lebat Mengguyur Wilayah Pegunungan

Selasa, 16 Agustus 2022 – 18:35 WIB
Warga Sumut Diminta Waspada, BMKG Prediksi Hujan Lebat Mengguyur Wilayah Pegunungan  - JPNN.com Sumut
BMKG keluarkan prakiraan cuaca di Sumut hari ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Selasa (16/8).

Prakirawan Balai BMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di pegunungan, lereng barat, lereng timur dan pantai barat di Sumatera Utara.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan, lereng barat, lereng timur dan Pantai Barat pada Selasa sore dan malam hari," kata Budi Prasetyo di Medan.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut pada siang hingga sore berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang yang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Samosir, Karo, Deli Serdang, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Selatan.

Kondisi yang sama juga diramal akan terjadi di Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Toba, Dairi, Pakpak Bharat dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Budi Prasetyo mengatakan suhu udara diperkirakan berada pada 17- 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara berada pada 60-95 persen.

Sedangkan angin diprediksi akan berhembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG meminta warga Sumut untut mewaspadai potensi hujan lebat pada malam hari di wilayah di pegunungan, lereng barat, lereng timur dan pantai barat di Sumut

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News