BMKG Prediksi Medan Dilanda Cuaca Panas, Warga Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Selasa, 09 Agustus 2022 – 20:55 WIB
BMKG Prediksi Medan Dilanda Cuaca Panas, Warga Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Rumah - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Seorang ibu bersama anaknya menggunakan payung menghindari sengatan matahari ketika berjalan di sekitar Bunderan HI. Foto: Dok ANTARA

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakana cuaca panas akan melanda Kota Medan sepekan ke depan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mendoza mengatakan cuaca panas yang melanda Kota Medan dan sekitarnya bisa mencapai 35 derajat Celsius.

"Khusus Kota Medan diperkirakan cerah berawan dengan suhu udara 34 hingga 35 derajat Celsius pekan ini," kata Defri Mendoza Selasa (9/8).

Dia menjelaskan suhu yang relatif panas itu disebabkan wilayah Sumatera bagian Utara, termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berada di puncak musim kemarau.

Puncak musim kemarau di Sumatera bagian Utara meliputi lima provinsi, yakni Aceh, Sumut, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, yang terjadi sejak Juli.

"Kami perkirakan hingga September. Tapi khusus Kota Medan akhir pekan ini, kita perkirakan terdapat potensi hujan ringan," ungkap Defri.

Pihaknya mengimbau masyarakat Kota Medan dan sekitarnya mengurangi aktivitas di luar rumah di siang hari, dan terus menjaga kondisi tubuh dengan sering mengkonsumsi air.

Defri mengingatkan kepada warga di Kota Medan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran yang sering terjadi saat kemarau melanda.

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca panas yang melanda wilayah Sumatera bagian Utara termasuk Kota Medan. Warga diminta mewaspadai ancaman kebakaran
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News