Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan Padamkan Kebakaran Puluhan Hektare Hutan di Danau Toba

Selasa, 09 Agustus 2022 – 12:18 WIB
Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan Padamkan Kebakaran Puluhan Hektare Hutan di Danau Toba - JPNN.com Sumut
Api masih menyala di beberapa titik saat kebakaran hutan di kawasan Danau Toba. Foto: Tangkapan layar video

sumut.jpnn.com, MEDAN - Sekitar 200 personel gabungan dari TNI/Polri serta Manggala Agni dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar puluhan hektare hutan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Beruntung, api yang diperkirakan sudah membakar kawasan hutan sejak tiga hari yang lalu itu, bisa dipadamkan.

"Sampai dengan saat ini, untuk area kebakaran hutan yang kemarin terjadi di Kabupaten Samosir, kondisinya sudah padam, api sudah dapat dikendalikan," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (9/8).

Kombes Hadi mengatakan hingga saat ini personel gabungan masih disiagakan di lokasi kebakaran. Hal tersebut untuk mengantisipasi kebakatran susulan akibat cuaca panas.

"Petugas pemadam juga masih standby di lokasi kebakaran karena cuaca panas dikhawatirkan asap yang timbul itu bisa mengakibatkan rembetan api kembali ke wilayah hutan yang lainnya," kata Perwira menengah Polri itu.

Mantan Kapolres Biak Papua itu menyebut saat ini pihaknya telah mengamankan dua orang warga yang diduga menjadi pelaku pembakaran hutan itu.

Keduanya, yakni seorang petani berinisial PS 62 dan seorang remaja berinisial KN,14.

Hadi mengaku pihaknya tidak menahan kedua pelaku. Meski begitu, mantan Wadirlantas Polda Kalimantan Tengah itu menyebut hingga saat ini polisi masih menyelidiki dugaan pembakaran hutan itu.

Sekitar 200 personel gabungan dari TNI/Polri serta Manggala Agni dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar puluhan hektare hutan di kawasan Danau Toba.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News