Puluhan Hektare Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar, Ada Dugaan Kesengajaan, Polisi Bergerak

Senin, 08 Agustus 2022 – 18:38 WIB
Puluhan Hektare Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar, Ada Dugaan Kesengajaan, Polisi Bergerak - JPNN.com Sumut
Polisi melakukan olah tempat kejadian diduga lokasi pembakaran hutan. Foto: Polres Samosir

sumut.jpnn.com, DANAU TOBA - Kebakaran hutan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), sudah terjadi berulang kali dalam beberapa waktu terakhir.

Puluhan hektare hutan hangus dilalap si jago merah. Bahkan, hingga hari ini api di kawasan perbukitan Danau Toba itu masih menyala.

Kepala Dinas Kehutanan Sumut Herianto menduga kebakaran hutan yang sudah terjadi berulang kali itu merupakan unsur kesengajaan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Ada kesalahan manusia, tapi saya belum bisa memastikan," kata Herianto saat dikonfirmasi JPNN Sumut, Senin (8/8).

Atas dugaan ini, Herianto mengatakan pihaknya sudah meminta agar kepolisian segera mengungkap dalang di balik kebakaran ini. Saat ini, kata Herianto, petugas kepolisian sudah menyelidiki kasus kebakaran hutan tersebut.

Dia bahkan mengaku pelaku kebakaran itu dalam waktu dekat akan segera terungkap.

"Kami sudah minta ke polisi, polisi sekarang sudah di TKP dan menelusuri siapa penyebab dan asal mulanya api. Pak polisi lagi bekerja itu, saya yakin dalam waktu dekat sudah bisa diungkapkan siapa penyebabnya," kata Herianto.

Herianto mengaku saat ini ada sekitar empat titik kawasan hutan yang masih terbakar. Sejumlah petugas pun masih berupaya untuk memadamkan api.

Kebakaran hutan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) sudah terjadi berulang kali dalam beberapa waktu terakhir.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News