BMKG Pantau 16 Titik Panas di 6 Wilayah Sumut, Berikut Daerahnya

Minggu, 07 Agustus 2022 – 16:06 WIB
BMKG Pantau 16 Titik Panas di 6 Wilayah Sumut, Berikut Daerahnya - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG memantau 16 titik panas yang tersebar di beberapa wilayah di Sumut. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan terdapat 16 titik panas di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut) Minggu (7/8).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah mengatakan titik panas tersebut terpantau di enam daerah di Sumut.

"Ke-16 titik panas tersebut diketahui berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20," kata Utami Al Khairiyah di Medan.

Dia menjelaskan titik panas tersebut tersebut masing-masing yakni tujuh titik Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), satu titik di Karo, satu titik di Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Selanjutnya, tiga titik panas terpantau di Padang Lawas Utara (Paluta), satu titik di Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Tiga titik panas lainnya di Tapanuli Utara (Taput).

Sementara itu terkait kondisi cuaca Sumut hari ini, lanjut Utami, pada siang diprediksi umunya berawan, kecuali di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Deli Serdang, Binjai, Simalungun, Kepulauan Nias dan sekitarnya, hujan ringan hingga sedang.

Beranjak malam, BMKG meramal beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yakni di wilayah Kota Medan, Langkat, Dairi, Deli Serdang, Karo, Binjai, Tebing Tinggi, Sergai, Batubara, Simalungun, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Suhu udara diperkirakan 17.0-33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen.

BMKG menyampaikan hasil pantauan satelit yang memantau terdapat 16 titik panas di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News