Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, Beberapa Wilayah Diprediksi Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada

Selasa, 26 Juli 2022 – 13:20 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, Beberapa Wilayah Diprediksi Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada - JPNN.com Sumut
Ilustrasi situasi langit di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) diselimuti awan tebal hari ini. Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Selasa (26/7). Sejumlah wilayah diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Sumut Martha R Manurung menhatakan beberapa wilayah di Sumut berpotensi hujan lebat. Warga diminta untuk waspada pada siang dan malam hari.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah Lereng Timur dan Lereng Barat pada siang dan malam hari," kata Martha.

Dia menjelaskan potensi hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi pada siang hari di Kepulauan Nias, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan dan Pakpak Bharat.

Selain di wilayah tersebut, lanjutnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diramal akan mengguyur wilayah Kabupaten Toba, Labuhan Batu, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, Simalungun, Samosir, Asahan, dan sekitarnya.

Beranjak malam, diprediksi hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah di Sumatera Utara dengan intensitas sedang.

Sedangkan untuk suhu udara berada di 17.0-33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Martha R Manurung menjelaskan dari pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20, terpantau satu titik panas yakni di Kecamatan Huta Raja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas.(antara/jpnn)

BMKG mengimbau masyarakat Sumut untuk mewaspadai potensi hujan lebat dengan intensitas sedang hingga lebat di Lereng Timur dan Lereng Barat

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News