Warga Sumut Diminta Waspada, BMKG Prediksi Terjadi Hujan dan Angin Kencang

Selasa, 02 Agustus 2022 – 16:30 WIB
Warga Sumut Diminta Waspada, BMKG Prediksi Terjadi Hujan dan Angin Kencang - JPNN.com Sumut
BMKG keluarkan prakiraan cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai angin kencang akan melanda wilayah Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Selasa (2/8).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endang Pramita mengimbau masyarakat di Sumut mewaspadai potensi hujan dan angin kencang yang menyebabkan longsor dan pohon tumbang.

"Masyarakat agar waspada jika berada di luar ruangan pada saat terjadinya hujan karena berpotensi menyebabkan terjadinya longsor dan pohon tumbang yang diakibatkan angin kencang," kata Endag Pramita di Medan.

Dia menjelaskan pertumbuhan awan di wilayah Sumut masih kuat sehingga potensi hujan masih memungkinkan terjadi meski masih kemarau.

Kondisi tersebut diperkirakan masih akan terjadi sampai Oktober 2022 yang disebabkan adanya belokan angin di wilayah pesisir timur Sumatera Utara.

"Cuaca masih dinamis akibat adanya belokan angin di wilayah pesisir sehingga menyebabkan pertumbuhan awan masih cukup tinggi," beber Endang.

Atas kondisi tersebut, Endang mengimbau warga untuk mewaspadai jika berada di luar ruangan pada saat terjadinya hujan.

Sementara terkait cuaca Selasa siang, BMKG memprediksi potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Pematang Siantar.

BMKG menyampaikan prakiraan cuaca hari ini di Sumut yang diprediksi berpotensi hujan lebat dan angin kencang yang berakibat longsor dan pohon tumbang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News