Cuaca Sumut Hari Ini: BMKG Minta Warga Waspada Malam Nanti

Jumat, 10 Juni 2022 – 15:58 WIB
Cuaca Sumut Hari Ini: BMKG Minta Warga Waspada Malam Nanti - JPNN.com Sumut
BMKG memprakirakan cuaca hari ini di wilayah Sumut berpotensi hujan sedang hingga lebat. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Jumat (10/6) malam.

BMKG mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan di wilayah pegunungan dan lereng yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi terjadi di wilayah pegunungan dan lereng yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah.

Utami menjelaskan secara umum cuaca di Sumut pada siang berpotensi hujan ringan, yakni di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Pakpak Bharat, dan Kepulauan Nias.

Selain itu, hujan ringan juga berpotensi terjadi di Kabupaten Samosir, Toba, Mandailing Natal (Madina), Labura, Labusel, Labuhanbatu, Humbahas dan sekitarnya.

Beranjak malam, sebagian besar wilayah Sumatera Utara berpotensi digiyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan pada dini hari diprediksi sebagian besar akan berawan.

Suhu udara diperkirakan berada pada 17.0-33.0 derajat Celsius dengan kelembaban udara 60-98 persen. Sementara angin akan berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10 -30 kilometer per jam.

BMKG juga memantau terdapat empat titik panas atau hotspot di wilayah Sumut berdasarkan pantauan Sensor Modis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20.

BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Warga diminta waspada
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia