Cuaca Sumut Hari Ini, Beberapa Wilayah Diprediksi Diguyur Hujan Ringan Hingga Lebat

Selasa, 07 Juni 2022 – 16:23 WIB
Cuaca Sumut Hari Ini, Beberapa Wilayah Diprediksi Diguyur Hujan Ringan Hingga Lebat - JPNN.com Sumut
BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini untuk sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut). Simak selengkapnya. Ilustrasi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Selasa (7/6) berpotensi diguyur hujan lebat.

Prakirawan BBMKG Wiilayah I Medan Budi Prasetyo mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan.

Budi menjelaskan wilayah yang berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat yakni Kabupaten Simalungun, Karo, Samosir, Deli Serdang Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, Toba, Pematangsiantar dan sekitarnya.

Beranjak malam, lanjutnya, sejumlah wilayah yang diprediksi diguyur hujan berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir, Simalungun, Karo, Batubara, dan sekitarnya.

Sedangkan pada dini hari, sebagaian besar wilayah Sumatera Utara diramal akan berawan. Sementara suhu udara berada pada 17-33 derajat Celcius dan kelembapan udara 60-98 persen.

Angin diprakirakan akan berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diminta tetap waspada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat di wilayah pegunungan," katanya.

Sementara berdasarkan pantauan Sensor Modis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 terdapat dua titik panas atau hotspot di Propinsi Sumatera Utara, yakni satu titik di Kabupaten Humbang Hasundutan dan satu titik di Kota Sibolga.(antara/jpnn)

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Utara

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News