Harimau Sumatera Surya Manggala dan Citra Kartini akan Menghuni Taman Nasional Kerinci Seblat

Selasa, 07 Juni 2022 – 23:29 WIB
Harimau Sumatera Surya Manggala dan Citra Kartini akan Menghuni Taman Nasional Kerinci Seblat - JPNN.com Sumut
Ilustrasi KLHK melalui BKSDA Jambi melepasliarkan seekor harimau sumatera di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yeng berada di Kabupaten Merangin. Foto: Dokumentasi KLHK

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dua Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) bernama Surya Manggala dan Citra Kartini akan dilepasliarkan ke habitatnya di Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi.

Pelaksana tugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Irzal Azhar mengatakan sepasang Harimau Sumatera itu setelah menjalani perawatan di Suaka Satwa (sanctuary) Harimau Sumatera Barumun.

"Kedua satwa tersebut akan dilepasliarkan di lokasi yang berbeda di Taman Nasional Kerinci Seblat," kata Irzal dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (7/6).

Irzal menjelaskan pelepasliaran dua Harimau Sumatera berumur 3,5 tahun ini bertujuan untuk menghindari kawin kerabat atau inbreeding. Hal tersebut dihindari lantaran akan menurunkan kualitas genetis keturunan satwa tersebut.

Dia mengatakan sebelum dilpepasliarkan, telah dilakukan langkah-langkah persiapan pada tanggal 2-4 Juni 2022, salah satunya terhadap kedua harimau itu telah dilakukan pemasangan GPS Collar. Tujuannya untuk memantau pergerakan kedua satwa setelah dilepasliarkan.

"Data hasil pemantauan ini sangat penting sebagai bahan evaluasi dan pengelolaan harimau mendatang di habitat alaminya," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dilakukan pengecekan kondisi terkini terhadap dua Harimau Sumatera itu. Hasilnya diketahui sebelum dilepasliarkan, Surya Manggala memiliki bobot seberat 122 kilogram, tinggi 75 cm dan panjang 251 cm. Sedangkan Citra Kartini memiliki bobot 88 kilogram, tinggi 72 cm dan panjang 240 cm.

Secara umum kata Irzal, kedua harimau itu dalam kondisi sehat dan layak untuk dilepasliarkan, sesuai dengan rekomendasi dokter hewan. Dua satwa itu selanjutnya akan diberangkatkan melalui jalur darat dengan menempuh jarak sekitar 635 kilometer.(mar8/jpnn)

BKSDA akan melepasliarkan dua Harimau Sumatera akan menjadi penghuni baru Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Jambi

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News