Menteri LHK Siti Nurbaya Klaim 500 Ribu Satwa Dilindungi Dikembalikan ke Habitatnya

Kamis, 07 Maret 2024 – 06:00 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Klaim 500 Ribu Satwa Dilindungi Dikembalikan ke Habitatnya - JPNN.com Sumut
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberikan keterangan terkait pelepasliaran dua Harimau Sumatera ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Medan, Rabu (6/3). Foto: Antara/Juraidi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan pihaknya telah melepasliarkan lebih dari 500 ribu satwa dilindungi ke habitatnya dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan Menteri Siti Nurbaya saat memimpin pelepasliaran dua Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

"Dalam delapan tahun terakhir KLHK telah melepasliarkan berbagai jenis satwa dilindungi, seperti burung, tukik, lumba-lumba, harimau, dan orangutan," kata Menteri LHK Siti Nurbaya di Medan, Rabu (6/3).

Dia mengatakan pelepasliaran satwa ke habitatnya sebagai upaya penyelamatan dan mencegah konflik dengan manusia.

Menteri LHK menyebut sebelum dilakukan proses pengembalian ke habitatnya satwa akan menjalani rehabilitasi guna mengembalikan sifat keliarannya.

"Hari ini yang dilepasliarkan adalah dua Harimau Sumatera. Ini juga sebenarnya bukan yang pertama kali, karena saya juga beberapa kali melakukan hal yang sama sebelumnya seperti di Jambi dan di beberapa tempat lainnya," ujar Siti Nurbaya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan isu ancaman kepunahan Harimau Sumatera sudah menjadi perhatian dunia karena salah satu satwa kharismatik, seperti halnya gajah, orangutan dan badak, sesuai dengan bentang alam yang menjadi habitatnya.

"Dua harimau itu kami lepasliarkan di Taman Nasional Gunung Leuser yang saat ini dikenal sebagai keping terakhir bumi atau the last piece of earth yang di dalamnya juga terdapat beberapa satwa kharismatik lainnya seperti gajah dan orang utan," kata Menteri LHK.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebut 500 ribu lebih satwa dilindungi telah dilepasliarkan ke habitatnya dalam delapan tahun
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News