Menteri LHK Siti Nurbaya Pimpin Lepasliar 2 Harimau Sumatera ke TNGL

Rabu, 06 Maret 2024 – 18:56 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Pimpin Lepasliar 2 Harimau Sumatera ke TNGL - JPNN.com Sumut
Harimau Sumatra. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memimpin proses pelepasliar dua ekor Harimau Sumatera bernama Ambar Goldsmith dan Beru Situtung ke habitatnya di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Dia mengatakan pelepasliaran dua harimau tersebut sebagai bagian dari upaya penyelematan dan pelestarian satwa dari konflik dengan manusia.

"Kedua Harimau Sumatera ini sudah melalui rehabilitas untuk mengembalikan sifat aslinya," kata Menteri LHK Siti Nurbaya di Medan, Rabu (6/3).

Proses pelepasliaran harimau ke habitat alaminya ini melibatkan tiga helikopter milik TNI AU, Polda Sumut dan Kementerian LHK.

Menteri Siti Nurbaya menyebut lokasi lepasliar dua Harimau Sumatera itu berada di zona inti blok hutan Lubuk Tanggok kawasan TNGL, Resort Sei Betung SPTN Wilayah IV Besitang, Bidang PTN Wilayah III Stabat, Langkat.

"Pemilihan lokasi lepasliar kedua harimau sudah melalui kajian kesesuaian oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser bersama mitra pada 2022," ujar Siti Nurbaya.

Dia menjelaskan yang menjadi rumah baru bagi Ambar Goldsmith dan Beru Situtung ini relatif datar dengan ketinggian sekitar 45 meter dari permukaan laut (DPL), dengan tutupan hutan yang masih terjaga.

Di lokasi tersebut, lanjut Menteri LHK, ditemukan jejak beberapa jenis satwa mangsa Harimau Sumatera berupa babi hutan, rusa dan kijang.

Menteri LHK Siti Nurbaya memimpin proses pelepasliaran dua Harimau Sumatera ke habitatnya di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Langkat, Sumut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News