BKSDA Sumut Sambut Kepulangan Kaka Seusai Dirawat di Jawa Barat, Lihat Penampakannya

Selasa, 31 Mei 2022 – 13:03 WIB
BKSDA Sumut Sambut Kepulangan Kaka Seusai Dirawat di Jawa Barat, Lihat Penampakannya - JPNN.com Sumut
Orang Utan Sumatera yang diserahkan BBKSDA Jawa Barat kepada BBKSDA Sumut, Selasa (31/5). Foto: BBKSDA Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) menerima satu individu anakan Orang Utan
Sumatera berjenis kelamin jantan bernama Kaka.

Satwa bernama latin Pongo abelii ini diterima oleh BBKSDA Sumut dari BBKSDA Jawa Barat, di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Selasa (31/5).

Plt Kepala BBKSDA Jawa Barat Hendra Wijaya menyebut Kaka merupakan orang utan berumur tiga tahun yang diserahkan oleh seorang warga di Bogor. Setelah itu, Kaka dititiprawatkan di Pusat Rehabilitasi Satwa Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) di Ciapus- Bogor.

"Setelah melalui pendekatan persuasif, akhirnya warga pemelihara satwa dilindungi tersebut menyerahkannya kepada petugas pada 7 Januari 2022 lalu," kata Hendra Wijaya.

Setibanya di pusat rehabilitasi, kata Hendra, Kaka menjalani sejumlah pemeriksaan mulai dari pemeriksaan sampel darah hingga tes genetik. Hasilnya, Kaka dalam kondisi sehat dan berasal dari area Aceh bagian utara.

"Sehingga harus segera dilepasliarkan ke tempat asalnya," sebut Hendra.

Sementara Plt Kepala BBKSDA Sumut Irzal Azhar mengatakan Kaka selanjutnya akan menjalani pemeriksaan dan rehabilitasi di
Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orang Utan di Batu Mbelin, Sibolangit.

Direncanakan Kaka akan dilepasliarkan di lokasi reintroduksi yang telah ditentukan oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, setelah menjalani asesmen.

Satwa bernama latin Pongo abelii ini diterima oleh BBKSDA Sumut dari BBKSDA Jawa Barat, di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Selasa (31/5).
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News