BMKG Mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Sumut Hari Ini, Warga Diminta Waspada

Sabtu, 04 Juni 2022 – 17:00 WIB
BMKG Mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Sumut Hari Ini, Warga Diminta Waspada - JPNN.com Sumut
BMKG menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat yang menyebabkan banjir dan longsor di wilayah Sumatera Utara. Foto. Dokumentasi JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca Sumatera Utara (Sumut).

BMKG meminta warga Sumut waspada terhadap potensi hujan yang menyebabkan banjir dan longsor yang terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Waspada hujan lebat di pesisir timur, lereng timur, dan pegunungan yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung di Medan, Sabtu.

Martha Manurung mengatakan secara umum cuaca di Sumut pada Sabtu siang berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Deli Serdang, Binjai, Simalungun, Pematangsiantar, Toba, Asahan, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, sebagian besar wilayah Sumut diprakirakan akan diguyur hujan sedang hingga lebat. Sedangkan pada dini hari diramal akan berawan.

Suhu udara 17.0- 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya- Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20, terpantau 14 titik panas di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Ke-14 titik panas tersebut masing-masing terpantau satu titik di Binjai, satu titik di Labuhanbatu Selatan, tiga titik di Padang Lawas, dua titik di Padanglawas Utara, satu di Serdang Bedagai, satu di Tapanuli Selatan, empat di Tapanuli Utara dan 1 titik di Toba.(antara/jpnn)

BMKG mengeluarkan peringatan dini bagi warga Sumatera Utara, terhadap potensi hujan ringan hingga lebat yang berpotensi menyebabkan longsor

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia