Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Pinangsori-Sibolga, Begini Penjelasan BMKG

Kamis, 02 Juni 2022 – 11:10 WIB
Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Pinangsori-Sibolga, Begini Penjelasan BMKG - JPNN.com Sumut
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang wilayah Pinangsori-Sibolga hari ini. Foto lustrasi: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,2 mengguncang wilayah Pinangsori- Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (2/6) sekitar pukul 07.26 WIB.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Darmawan menjelaskan lokasi gempa terletak pada koordinat 1.66 LU dan 99.18 BT, tepatnya di darat pada jarak 12 Km Barat Tapanuli Selatan, Sumut di kedalaman dua kilometer.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Toru," kata Darmawan dalam keterangan tertulisnya.

Darmawan mengatakan gempa bumi itu dirasakan di wilayah Pinangsori- Sibolga dengan Skala Intensitas III Modified Mercalli Intensity (MMI).

"Gempa itu dirasakan nyata di dalam rumah seakan-akan ada truk yang berlalu," jelasnya.

Meski begitu, hingga saat ini pihaknya belum ada menerima laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Selain itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG, hingga pukul 07:55 WIB, belum ada menunjukkan kejadian gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya. (mcr22/jpnn)

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Darmawan menjelaskan lokasi gempa terletak pada koordinat 1.66 LU dan 99.18 BT,

Redaktur : Muhlis
Reporter : Finta Rahyuni

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia