Gempa Berkekuatan 3,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Karo di Kedalaman 10 Kilometer

Senin, 11 September 2023 – 00:23 WIB
Gempa Berkekuatan 3,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Karo di Kedalaman 10 Kilometer - JPNN.com Sumut
BMKG melaporkan gempa berkekuatan M 3,9 mengguncang Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (10/9) sekitar pukul 21.40 WIB. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

sumut.jpnn.com, KARO - Gempa bumi dengan magnitudo 3,9 mengguncang Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (10/9) malam sekira pukul 21.40 WIB.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa dengan magnitudo 3,9 tersebut berlokasi di darat dengan jarak 18 kilometer Tenggara Kabupaten Karo.

“Episentrum gempa berada di koordinat 2.94 LU dan 98.53 BT pada kedalaman 10 KM,” kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho.

Hendro mengatakan berdasarkan analisa lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas sesar lokal di Kabupaten Karo.

Dia juga mengatakan bahwa berdasarkan laporan masyarakat dampak gempa menyebabkan guncangan yang dirasakan di Kabanjahe III MMI, yakni berupa getaran nyata yang dirasakan dalam rumah atau terasa getaran seperti truk melintas.

Selain itu, dampak gempa juga dirasakan di Sidikalang dengan skala II MMI, yaitu berupa getaran yang dirasakan sebagian orang atau benda-benda yang digantung akan bergoyang.

Hendro mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik saat terjadi gempa susulan. Tetap waspada dan lakukan upaya perlindungan dari dampak gempa berupa benda yang mudah terjatuh.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," pungkasnya.(mar8/jpnn)

Gempa dengan magnitudo 3,9 mengguncang Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) pada kedalaman 10 kilometer

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News