Capres Ganjar Pranowo Tantang Soal Wadas dan Rembang Dibahas dalam Debat Pilpres 2024

Minggu, 14 Januari 2024 – 20:01 WIB
Capres Ganjar Pranowo Tantang Soal Wadas dan Rembang Dibahas dalam Debat Pilpres 2024 - JPNN.com Sumut
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendorong persoalan Wadas dan Rembang dibahas dalam debat keempat Pilpres 2024. Foto: dok TPN Ganjar-Mahfud

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta agar persoalan pembangunan tambang bantu andesit di Wadas dan pabrik semen Rembang di Jawa Tengah (Jateng) masuk dalam pembahasan debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu, (21/1) mendatang.

“Sebaiknya (persoalan semen Rembang dan bendungan Wadas) dibahas dalam debat keempat,” kata Ganjar Pranowo di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (14/1).

Ganjar mengatakan proyek pembangunan itu kerap menjadi permasalahan yang digunakan untuk mengkritisi kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023. Oleh sebab itu, dia berharap pada debat keempat nanti bisa dijadika ajang klarifikasi.

Dia menjelaskan dua pembangunan yang kerap dikritisi itu berstatus Proyek Strategis Nasional (PSN). Ganjar menyebut sebagai gubernur yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, dia mengakui harus menyelesaikan sebagai tanggung jawab.

Kendati demikian, Gajar mengaku bersyukur karena dua proyek pembangunan itu tetap selesai meski kerap mendapatkan penolakan hingga kritik. Selain itu, Ganjar merasa ada keputusan yang pro-lingkungan namun kerap tidak terekspos.

Dia mengaku sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen dan tambang emas di Wonogiri yang bukan merupakan PSN.

“(Ditolak) karena tidak memenuhi syarat lingkungan,” kata Ganjar.

Ada sejumlah tema besar yang diangkat pada debat keempat, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Capres nomor 3 Ganjar Pranowo mendorong masalah Wadas dan Rembang dibahas dalam debat keempat capres Pilpres 2024 mendatang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News