Ganjar akan Tenggelamkan Kapal Asing Pencuri Ikan: Saya Setuju dengan Ibu Susi

Selasa, 09 Januari 2024 – 15:45 WIB
Ganjar akan Tenggelamkan Kapal Asing Pencuri Ikan: Saya Setuju dengan Ibu Susi - JPNN.com Sumut
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berbicara pada Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, CILACAP - Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo menegaskan komitmennya dalam pencegahan dan pemberantasan pencurian ikan atau ilegal fishing di perairan Indonesia. Dia juga tidak takut untuk menenggelamkan kapal ikan asing yang terbukti mencuri.

Hal itu disampaikan Ganjar di hadapan para nelayan di Kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1).

"Ada namanya penangkapan ikan secara ilegal, maka saya setuju sama Ibu Susi (Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan). Nyolong (ikan), tenggelamkan (kapalnya)," tegas Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode ini pemerintah harus punya ketegasan untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia.

"Masih banyak sekali (illegal fishing) karena potensi kita besar banget. Maka, perlu adanya, satu, pengamanan," kata Ganjar.

Menurut Ganjar pengamanan laut Indonesia harus melibatkan semua pemangku kepentingan seperti TNI, Polri, Kementerian Kelautan dan Kementerian Tenaga Kerja.

"Ini yang perlu memberikan dukungan fasilitas agar kita bisa memantau itu dengan gampang. Butuh radar, butuh sonar, butuh kapal cepat," sebut Ganjar.

Selain itu, butuh titik-titik logistik agar petugas patroli di laut bisa efisien. Namun, jika masih terjadi illegal fishing, maka Ganjar siap menenggelamkan kapal itu.

Capres nomor 03 Ganjar Pranowo tegaskan akan tenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia