Kawasan Tahura di Berastagi Dinilai Layak Menjadi Arena Balapan MTB pada PON 2024

Minggu, 19 November 2023 – 06:00 WIB
Kawasan Tahura di Berastagi Dinilai Layak Menjadi Arena Balapan MTB pada PON 2024 - JPNN.com Sumut
ilustrasi - Pembalap Downhill atau olahraga mountain bike (MTB) asal Lombok Tengah Muhamad Ahsanul Hakiki (20) belum lama ini meraih juara tiga pada ajang Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2023. Foto: Dokumentasi pribadi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Delegasi teknik atau Technical Delegate (TD) Balap MTB Budi Azwar menilai kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) layak menjadi arena balapan sepeda gunung dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Dia mengatakan kawasan tersebut sudah memenuhi syarat untuk pencelenggaraan balapan MTB meski ada catatan pada beberapa sisi. Tahura Berastagi dinilai sudah memenuhi hingga 80 persen.

"Arena sudah baik. Sudah memenuhi standar. Hanya ada beberapa pembenahan, terutama dari sisi panjang lintasan dan penambahan halang rintang agar jarak tempuh semakin lama atau jauh," kata Budi Azwar usai melakukan kunjungan ke Tahura, Sabtu (18/11).

Dia mengatakan dari sisi jalur, Tahura sudah memenuhi standar yaitu dengan panjang lintasan 1,65 kilometer. Hanya saja perlu dilakukan penambahan panjang lintasan agar jarak tempuh di atas dua menit.

"Kalau pembalap nasional dengan trek seperti itu, bisa jadi tembus dua menit. Jadi perlu ditambah halang rintang dan panjangnya, " ujar Budi.

Selain itu, Budi juga memberi sedikit masukan terutama dari segi renovasi perbaikan rute dan dari sisi kebersihan.

Lintasan di Tahura direncanakan akan digunakan untuk tiga nomor lomba balap sepeda, mulai dari downhill, cross country olympic (XCO), dan cross country relay (XCR).

"Untuk area finis downhill dan cross country butuh lahan besar. Selebihnya tinggal tata letak saja," jelas Budi Azwar.

Kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Berastagi, Kabupaten Karo, diproyeksikan menjadi arena balapan sepeda gunung (MTB) pada PON 2024
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News