Kementerian PUPR akan Bangun Stadion Baru di Sumut untuk Sukseskan PON 2024

Sabtu, 17 Desember 2022 – 11:00 WIB
Kementerian PUPR akan Bangun Stadion Baru di Sumut untuk Sukseskan PON 2024 - JPNN.com Sumut
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berfoto bersama maskot PON XXI/2024 Sumut-Aceh. Foto: ANTARA/Juraidi

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan membangun stadion untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Salah satu stadion baru itu berada di Sumatera Utara (Sumut).

"Setidaknya dalam dua atau tiga bulan ke depan pembangunan stadion di Sumut tepatnya di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, sudah dapat dilaksanakan. Selain Sumut, di Aceh juga akan dibangun satu stadion," ujar Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR, Essy Asiah, pada Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN), tentang "Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah", Jumat, di Jakarta.

Kegiatan FGD itu turut dihadiri Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno, Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Ketua Panitia HPN 2023 H Mirza Zulhadi, dan Ketua SIWO Pusat Gungde Ariwangsa.

Essy mengatakan dalam hal ini Kementerian PUPR adalah sebagai pekerja. Pihaknya sebelumny menanti Perpres terkait hal tersebut.

Namun akhirnya didapat kepastian bahwa tidak ada Perpres baru tetapi tetap menggunakan Perpres 120 tentang "Penugasan Khusus dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur".

"Soal desain stadion sebelumnya juga menjadi kendala terlambatnya pembangunan ini. Namun untuk Sumut disepakati menggunakan basic desain, justru dari Aceh yang desainnya saat ini disebut masih membahasnya," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari mengatakan, HPN 2023 di Sumut Pebruari 2023, juga dimanfaatkan untuk mendorong pembangunan stadion di Sumut sebagai fasilitas PON.

Atal menilai langkah PPUPR luar biasa karena sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan stadion di Sumut dan Aceh.

Kementerian PUPR memastikan akan membangun stadion baru di Sumut untuk menunjang pelaksanaan PON 2024 mendatang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia