Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet Mengundurkan Diri

Kamis, 12 Januari 2023 – 06:00 WIB
Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet Mengundurkan Diri - JPNN.com Sumut
Presiden Federasi sepak bola Prancis (FFF) Noel Le Graet. Foto: ANTARA/AFP

sumut.jpnn.com - Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) Noel Le Graet menyatakan mundur beberapa pekan setelah Timnas Prancis kalah di final Piala Dunia 2022, menyusul serangkaian tekanan hingga tudingan pelecehan seksual yang dilakukannya.

Keputusan itu diambil Noel Le Graet setelah Federasi Sepak Bola Prancis itu menggelar pertemuan darurat di Paris.

"Noel Le Graet, dalam kesepakatan dengan komite eksekutif FFF yang berkumpul hari ini di Paris, telah memilih untuk mundur dari jabatannya sebagai presiden hingga selesainya audit yang dilakukan oleh kementerian olahraga," kata FFF dalam sebuah pernyataan yang diktip AFP pada Rabu (11/1).

Jabatan Le Graet di organisasi sepak bola Prancis itu semestinya berakhir pada 2024, namun karena sejumlah kontroversial yang menerpanya, ia kemudian memutuskan mundur.

Le Graet mendapat tekanan untuk mengundurkan diri setelah dituding melakukan pelecehan seksual kepada beberapa karyawan wanita FFF. Namun, tudingan itu dibantahnya.

Pria bersia 81 tahun itu juga mendapatkan kritik dari para pemain dan tokoh-tokoh Prancis terkait komentarnya terhadap legenda dan ikon Prancis Zinedine Zidane.

Le Graet mengatakan bahwa dia tidak akan mengangkat telefon untuk mewawancarai Zidane mengenai peluang menjadi pelatih timnas Prancis sesudah memperpanjang kontrak Didier Deschamps.

Sejumlah pihak di FFF juga dikabarkan geram, karena Le Graet dilaporkan oleh L'Equipe tidak melakukan diskusi sebelum memperpanjang kontrak Deschamps hingga 2026.

Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya menyusul sejumlah isu kontroversial yang menerpanya
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News