Tradisi Jepang yang Satu Ini Menuai Pujian Dunia, FIFA Ikut Berdecak Kagum

Jumat, 25 November 2022 – 08:00 WIB
Tradisi Jepang yang Satu Ini Menuai Pujian Dunia, FIFA Ikut Berdecak Kagum - JPNN.com Sumut
Suporter Timnas Jepang tampak bersorak setelah tim kesayangannya mengalahkan Jerman. Foto: Twitter/FIFAWorldCup

sumut.jpnn.com - Jepang membuat dunia berdecak kagum, bukan hanya karena aksi tim nasional mereka yang tampil spektakuler saat menumbangkan Jerman di pertandingan perdana Piala Dunia 2022 Qatar.

Aksi tim Samurai Biru dalam pertandingan melawan Jerman dengan skor akhir 2-1 memang membikin takjub. Namun, ada hal yang lebih mengesankan, yakni tradisi mereka yang membuat FIFA ikut berdecak kagum.

Tradisi tersebut adalah beberes atau melakukan aksi bersih-bersih sebelum meninggalkan tempat yang digunakan.

Aksi tesebut dilakukan para penggemar Jepang setelah pertandingan Jepang kontra Jerman berakhir. Rekaman para penggemar tengah membersihkan sampah di tribun Khalifa International Stadium viral di media sosial.

Tindakan yang sudah menjadi tradisi bangsa Jepang itu mendapat beragam pujian dan menuai simpatik dari masyarakat dunia.

Ternyata, aksi beberes itu tidak hanya dilakukan penggemar. Tindakan serupa juga dilakukan para pemain timnas Jepang di ruang ganti pemain.

Foto-foto dari ruang ganti timnas Jepang yang dalam keadaan rapi dan bersih ketika para pemainnya meninggalkan stadion tersebar dan menuai kekaguman banyak orang.

FIFA dalam unggahan di media sosialnya bahkan terkesan melihat lantai ruang ganti yang telah disapu bersih, rompi dan handuk yang dilipat dalam tumpukan yang rapi, disertai dengan deretan origami angsa yang disimpan di samping catatan ucapan terima kasih kepada penyelenggara.

Aksi pendukung dan pemain timnas Jepang menuai pujian dari masyarakat dunia, bukan karena berhasil mengalahkan Jerman, sampai-sampai FIFA berdecak kagum
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia