Tragedi Kanjuruhan, Polri Akan Periksa Penyelenggara Hingga Penggunaan Gas Air Mata

Senin, 03 Oktober 2022 – 07:30 WIB
Tragedi Kanjuruhan, Polri Akan Periksa Penyelenggara Hingga Penggunaan Gas Air Mata - JPNN.com Sumut
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada saat memberikan keterangan kepada media di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Foto: ANTARA/Vicki Febrianto

sumut.jpnn.com, MALANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabwo mengatakan akan membentuk tim investigasi mengusut tragedi kericuhan yang menyebabkan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (1/10) malam.

Listyo menyebut tim tersebut akan mendalami peristiwa tersebut dari mulai penyelenggara sampai penerapan prosedur tetap (protap) penggunaan gas air mata saat membubarkan kericuhan yang menyebabkan 125 orang meninggal.

"Tim tentunya akan mendalami terkait prosedur dan tahapan-tahapan yang dilakukan satgas atau tim pengamanan yang melakukan tugas saat pelaksanaan pertandingan," kata Kapolri Jenderal Listyo, Minggu (2/10).

Sebagai informasi, petugas menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan usai laga antara Arema FC melawan Persebaya.

Setelah peluit panjang ditiup ribuan suporter masuk ke dalam lapangan dan mengejar pemain serta ofisial.

Kapolri menjelaskan tahapan-tahapan untuk penerapan prosedur tersebut akan dilakukan audit oleh tim yang telah disiapkan.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan tim akan mendalami berbagai informasi yang ada, termasuk upaya penyelamatan para pemain dari para suporter.

Menurutnya, seluruh hal yang mendetail tersebut akan didalami dan menjadi bagian besar dalam proses investigasi.

Polri akan melakukan pengusutan terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, yang menewaskan lebih dari 120 korban jiwa itu
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia