Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Merenggut 127 Nyawa, Menjadi Tragedi Mengerikan di Dunia

Minggu, 02 Oktober 2022 – 10:21 WIB
Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Merenggut 127 Nyawa, Menjadi Tragedi Mengerikan di Dunia - JPNN.com Sumut
Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan seusai pertandingan antara Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022). Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras.

sumut.jpnn.com, MALANG - Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta menyebut jumlah korban tewas 127 orang dalam kericuhan seusai pertandingan Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10) malam.

Pertandingan derbi Jawa Timur yang dikenal dengan rivalitas tinggi itu menyisakan luka mendalam dan memperpanjang sejarah kelam sepak bola dunia.

Sebab, insiden tersebut menjadi peristiwa mengerikan dengan jumlah korban terbanyak nomor dua di dunia setelah yang terjadi di Estadio Nacional Disaster, Lima, Peru, pada 1964 dengan jumlah korban tewas 328 orang.

"Dalam kejadian itu, telah meninggal 127 orang, dua di antaranya adalah anggota Polri," kata Irjen Nico saat memberikan keterangan pers di Polres Malang, Minggu (2/10) dini hari.

Jenderal bintang dua itu mengungkapkan 34 orang dilaporkan meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan.

Sementara itu, hampir 100 korban lainnya meninggal saat mendapatkan pertolongan di sejumlah rumah sakit setempat.

Irjen Nico menyampaikan hingga saat ini masih ada sekitar 180 orang yang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit tersebut.

Selain korban meninggal dunia, tercatat ada 13 unit kendaraan yang mengalami kerusakan, 10 di antaranya merupakan kendaraan Polri.

Insiden kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, menjadi insiden paling mengerikan nomor dua di dunia dengan jumlah korban jiwa terbanyak
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News