7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berolahraga, Nomor 6 Mengejutkan

Sabtu, 25 Juni 2022 – 06:00 WIB
7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berolahraga, Nomor 6 Mengejutkan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Warga berolahraga di Kompleks SUGBK, Jakarta. Foto: Ricardo/jpnn.com

sumut.jpnn.com - Berolahraga rutin adalah aktivitas untuk menjaga kebugaran. Selain dianjurkan untuk dilakukan secara rutin dan konsisten, juga harus dilakukan secara benar.

Namun, sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka melakukan beberapa kesalahan saat berolahraga.

Dilansir dari Halodoc, beberapa kesalahan yang dilakukan pada saat berolahraga justru menyebabkan cedera bahkan berakibat fatal. Kebiasaan melakukan kesalahan tersebut akan menghalangi tujuan dari olahraga.

Berikut 7 kesalahan saat berolahraga yang sering dilakukan:

Tidak melakukan pemanasan dan pendinginan

Bagian terpenting dalam olahraga adalah pemanasan dan pendinginan. Namun, beberapa orang terkadang melupakan hal tersebut.

Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan memperlancar peredaran darah, sehingga tubuh jadi lebih siap untuk berolahraga.

Salah satu kegunaan pemanasan agar otot-otot tubuhmu menjadi lebih kuat dan fleksibel ketika bergerak pada saat olahraga, serta mencegah terjadinya cedera.

Sedangkan pendinginan bertujuan merilekskan otot dan tubuh setelah berolahraga. Gerakan pemanasan dan pendinginan pun terbilang sederhana. Kamu hanya perlu melakukan gerakan-gerakan peregangan selama 5-10 menit.

Beberapa kesalahan ini sering tidak disadari dan dilakukan saat berolahraga, padahal risikonya bisa mengakibatkan cedera hingga fatal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News