Harimau Sumatera Masih Berkeliaran, BBKSDA Imbau Warga Jangan Jalan Sendirian

Sabtu, 16 April 2022 – 16:20 WIB
Harimau Sumatera Masih Berkeliaran, BBKSDA Imbau Warga Jangan Jalan Sendirian - JPNN.com Sumut
Ternak warga Nagori Parmonangan yang dimangsa Harimau Sumatera. Foto: BBKSDA Sumut

sumut.jpnn.com, SIMALUNGUN - Seekor Harimau Sumatera memangsa hewan ternak warga di Nagori Parmonangan, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/4).

"Awalnya KSDA Wilayah II Pematang Siantar menerima laporan dari masyarakat tentang munculnya Harimau Sumatera di Nagori Parmonangan," kata Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut Andoko Hidayat, Sabtu (16/4). 

Menanggapi laporan tersebut, petugas langsung menuju lokasi kejadian. Setibanya di sana, petugas melakukan penyisiran di sekitar lokasi konflik dan menemukan jejak harimau. 

"Petugas juga menemukan dua ekor lembu milik warga yang menjadi mangsa harimau," kata Andoko.

Berdasarkan keterangan warga, kata Andoko, lembu ternak itu awalnya dilepas di areal perkebunan kelapa sawit PTPN IV. "Dari pengamatan tim di lokasi, perkiraan harimau tersebut termasuk dalam kategori dewasa," jelasnya. 

Atas kejadian ini, petugas mengimbau agar masyarakat untuk berhati-hati. Warga diminta untuk tidak beraktivitas di lokasi kejadian dalam tiga hari ke depan.

"Kalau pun keadaan terpaksa harus melakukan aktivitas, sebaiknya tidak dilakukan sendiri melainkan secara berkelompok," imbau Andoko.

Selain itu, BBKSDA juga mengimbau agar hewan ternak warga untuk tidak dilepasliarkan di areal perkebunan. Ditakutkan, harimau akan kembali datang dan memangsa hewan ternak warga.

Awalnya KSDA Wilayah II Pematang Siantar menerima laporan dari masyarakat tentang munculnya Harimau Sumatera di Nagori Parmonangan,
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News